Kamis, 14 November 2013

MafiaLeaks, Situs Pengungkap Identitas Anggota Mafia

Baru-baru ini, beberapa sukarelawan asal italia meluncurkan sebuah situs yang diberi nama MafiaLeaks. Kehadiran situs ini dilatarbelakangi oleh ketakutan orang-orang untuk memberi informasi maupun melaporkan identitas para anggota mafia kepada polisi atau wartawan. MafiaLeaks hadir sebagai solusi bagi para korban mafia maupun anggota mafia yang sudah keluar agar berani memberi informasi tentang identitas anggota mafia lewat internet karena identas pelapor (wishtleblowers) dilindungi kerahasiaannya.

Sebagaimana lazimnya di dunia mafia, sikap diam atau yang biasa disebut omerta adalah peraturan yang tidak boleh dilanggar. Bagi siapa saja yang mengungkap atau melaporkan kegiatan, identitas dan apapun yang berkaitan dengan mafia akan dibunuh. Melaporkan ke polisi pun juga sangat beresiko karena disinyalir ada anggota kepolisian yang terlibat dalam mafia. Karena itu, menurut para pakar internet, MafiaLeaks bisa menjadi solusi bagi permasalahan ini.

Menurut theguardian, MafiaLeaks menggunakan encrypted anonymising browser Tor untuk mengamankan identitas informan dan melindungi kerahasiaannya di Internet. Informasi yang masuk dalam situs ini akan masuk ke jaringan khusus guna melindungi identitas pengguna.

Untuk menyalurkan informasi yang telah didapatkan, MafiaLeaks membatasi hanya ke surat kabar Fatto Quotidiano, Stasiun TV Cicilia, dan Antonella Beccaria, seorang jurnalis independen anti-mafia Italia.

Tetapi sejumlah pihak mengaku khawatir karena bisa saja situs ini disalahgunakan oleh anggota mafia sendiri dengan memberikan informasi yang salah.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

    Author

    Foto Saya
    Saya hanyalah seorang yang biasa saja. Tetapi saya memiliki keinginan yang luar biasa untuk berbagi dengan siapa saja tentang apa yang saya ketahui dan pahami. semoga bermanfaat. Amiin

    Followers