Rabu, 10 Juli 2013

Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Berpuasa

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat Islam dimana kita diwajibkan untuk berpuasa yakni menahan makan, minum serta hawa nafsu. Untuk menjaga agar ibadah Ramadhan tetap khusyuk kita harus senantiasa menjaga kebugaran jasmani dan rohani. Janganlah puasa menjadi alasan untuk turunnya produktifitas kita. Kita harus tetap fit dan bugar meski dalam keadaan berpuasa.

Berikut beberapa tips menjaga kebugaran tubuh dalam menjalankan ibadah suci bulan Ramadhan seperti yang saya kutip dari bosowaradio.com:

1.Senang hati dalam menyambut Ramadhan
Senang hati menyambut Ramadhan sangat berpengaruh pada kualitas ibadah, karena segala sesuatu yang kita lakukan dengan rasa senang akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu dengan rasa senang dalam beribadah dapat memperkuat diri kita dalam menghadapi segala cobaan yang muncul pada bulan yang penuh berkah ini.

2. Sahur dan berbukalah secukupnya
Pada saat sahur dan berbuka makanlah makanan yang bernutrisi seperti buah-buahan, sayuran, nasi secukupnya, dan sesuaikan dengan porsi normal anda seperti pada hari biasa.

3. Hindari minum kopi Saat sahur
Sebaiknya hindari minum kopi karena akan mempercepat tubuh mengalami dehidrasi.

4. Mengawali dan mengahiri puasa dengan korma dan madu
Korma dan madu membantu memulihkan kadar gula darah dengan cepat. Hindari makanan berat seperti nasi saat berbuka, sebaiknya nasi disantap setelah sholat maghrib. Selain itu hindari pula berbuka dengan minuman dingin atau es karena dapat menyebabkan sirkulasi darah tidak optimal

5. Konsumsi makanan yang bernutrisi dan seimbang
Kurangi makanan berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, minuman bersoda dan bumbu berbau tajam seperti cuka, cabe dan asam. Usahakan banyak minum air putih atau madu untuk memperlancar peredaran darah dan menghindari dehidrasi.

6. Tetap berolah raga
Olahraga sangat dibutuhkan dalam berpuasa untuk menjaga kondisi fisik agar tetap bugar serta memperlancar peredaran darah. Namun dianjurkan untuk melakukan olahraga yang ringan seperti jogging atau jalan kaki dan sebaiknya olahraga dilakukan di sore hari menjelang berbuka.

7. Kendalikan emosi dan selalu berfikir positif
Berfikir positif akan menjaga kesempurnaan ibadah puasa. Rasulullah SAW dalam sebuah hadits bersabda bahwa puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan hawa nafsu. Umat muslim diharapkan mampu mengontrol emosi serta bersabar dan lebih mendekatkan diri kepada ALLAH SWT. Berpuasa menjadikan jiwa dan hati kita jauh lebih sehat dan tenang.

 Semoga Bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1434 H

1 komentar:

  1. Iron Gym sangat diminati anak muda jaman sekarang yang ingin mendapatkan tubuh ideal tetapi tidak punya waktu banyak untuk pergi ke tempat gym.

    BalasHapus

    Author

    Foto Saya
    Saya hanyalah seorang yang biasa saja. Tetapi saya memiliki keinginan yang luar biasa untuk berbagi dengan siapa saja tentang apa yang saya ketahui dan pahami. semoga bermanfaat. Amiin

    Followers