Senin, 29 Oktober 2012

Yunus Husein Berkicau: 10-40% Dana Bantuan Kemendikbud dan Kemenag Disunat

Setelah tidak lagi menjadi ketua PPATK dan terganjal pada pemilihan komisioner KPK, Yunus Husein kini rajin berbagi lewat media sosial. Akun twitternya @yunushusein sering berkicau soal praktik korupsi dan calo anggaran di Indonesia. Kebetulan Yunus sekaran menjadi ketua Pusat Kajian Anti Pencucian Uang (Pukau) Indonesia.

Nah, baru-baru ini @yunushusein berkicau lagi.  Akun twitter Yunus berkicau soal maraknya praktek sunat bantuan dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

@yunushusein
Semua bantuan Kemendikbud dan Kemenag kepada sekolah di Belik, Pemalang, dan Bantar Kawung, Brebes disunat 10-40 % oleh calo, yaitu politisi atau orang dalam

Begitulah bunyi kicauan Yunus Husein di twitter. Jika benar seperti yang dikicaukan oleh Yunus Husein, maka kebocoran anggaran negara cukup besar. Yang disebut Yunus hanya 3 daerah saja. Jika diseluruh Indonesia memang terjadi demikian, tentu sudah sangat besar uang negara yang menguap di lingkaran para calo. Sementara sekolah-sekolah hanya mendapatkan sisa dari uang yang menguap. Pantas saja banyak sekolah yang roboh dan tingkat pendidikan masyarakat tidak maju-maju

Jika demikian kejadiannya, justru yang kasian para pembayar pajak. Mereka sudah bekerja keras mencari uang dan membayar pajak mereka. Tapi apa yang mereka bayarkan ternyata banyak yang dinikmati oleh para koruptor dan calo anggaran.

Pemerintah harus bertindak tegas terhadap praktik ini. Jika tidak, maka negara ini akan bangkrut hanya karena korupsi. angka 10-40% itu bukan angka yang kecil karena jika praktik ini terjadi di seluruh Indonesia, maka kerugian negara bisa saja mencapai triliunan rupiah. Sungguh memalukan bukan?

1 komentar:

  1. Ya Memang Dana Pendidikan di Lingkungan Kemendiknas dan kemenag, sering sekali menjadi Proyek Besar para orang birokrasi. Contoh dana Rehab gedung sekolah misalnya Masuk rekening 100.000.000,- suruh trasfer balik lagi ke orang tertentu. Kan jadi berkurang tuh dana, itu sudah bukan menjadi rahasia umum lagi di negeri ini.

    BalasHapus

    Author

    Foto Saya
    Saya hanyalah seorang yang biasa saja. Tetapi saya memiliki keinginan yang luar biasa untuk berbagi dengan siapa saja tentang apa yang saya ketahui dan pahami. semoga bermanfaat. Amiin

    Followers